Senin, 16 Juni 2014

Bandara Soekarno Hatta ke Stasiun Pasar Senen (dan sebaliknya)



Musim mudik yang akan datang, frekuensi perjalanan di Indonesia pastinya akan sangat tinggi, apalagi Pulau Jawa. Seringnya, untuk menghemat biaya dan alasan konektivitas, memadukan berbagai macam transportasi adalah penting. Paling gampang adalah antara pesawat dan kereta. Kereta yang notabene anti macet jika diintegrasikan ke bandara saya rasa akan menjadi kelebihan tersendiri. Setahu saya untuk Indonesia saat ini cuma Bandara Adisucipto di Yogyakarta, dan Bandara Kuala Namu di Medan yang terbaru. 
 
Untuk ke bandara Yogyakarta, bila anda yang berdomisili di Solo, Klaten, Wates dan Kutoarjo bisa dengan gampang mencapai bandara pakai kereta komuter, yakni Kereta Prameks. Kereta Prameks berhenti juga di Stasiun Maguwo. Stasiun Maguwo sendiri sudah terkoneksi ke Bandara Adisucipto sehingga anda tinggal jalan ke terminal bandara. Untuk Medan, sudah ada jalur kereta khususnya ke Bandara Kualanamu di Deliserdang.
Bagaimana dengan Bandara Soekarno Hatta? Meskipun bandara terbesar, tersebuk, dan paling rame di Indonesia, sayangnya belum ada jalur keretanya. Bagi yang mau ke stasiun gambir dari bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya sih lebih mending, karena ada Trayek Damri yang langsung menuju ke stasiun gambir dan sebaliknya. Bagi yang mau ke stasiun senen dari bandara soekarno hatta dan sebaliknya, memang agak ribet. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa cara jika mau ke bandara soekarno hatta dari stasiun senen dan sebaliknya :


CGK Airport - Stasiun Pasar Senen
1. Naik Taksi langsung ke Stasiun Pasar Senen dari Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya.

Cara ini adalah cara paling ringkas, cepat, dan tanpa repot. Idealnya, naik taksi bisa masuk sampai 4 penumpang. Jika sendirian dan pengen cari orang buat patungan, tinggal kreatifitas anda sendiri buat cari orang. Saya saat itu berdua dengan teman dari mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sudah malam dan sudah capek, sehingga kami naik taksi langsung ke stasiun senen. Jarak dari bandara soekarno-hatta ke stasiun senen kurang lebih 30 kilometer dengan argo tidak sampai 100ribu dan belum termasuk bayar tol. Jangan lupa cari taksi dengan harga tarif bawah.

2. Naik damri dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Gambir, dari Gambir ke Senen lanjut naik ojek/taksi ke Stasiun Pasar Senen dan sebaliknya.

Cara Hybrid untuk murah meskipun menurut saya ga murah-murah banget. Kalo belum naik, saya pernah naik damri dari gambir ke bandara soekarno hatta pada september 2013 tarifnya Rp 30.000, untuk menuju senen bisa naik taksi atau ojek jika sendirian. Untuk taksi jangan khawatir, taksi di Jakarta mau angkut penumpang kok walaupun jarak pendek.
3. Naik damri dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Gambir, dari Gambir ke Senen lanjut naik Bus TransJakarta ke Stasiun Pasar Senen dan sebaliknya

Cara paling ribet, tapi paling murah. Pemerintah DKI Jakarta sudah punya sistem BRT dengan nama TransJakarta, tiketnya Rp 3.500 sekali jalan. Dari Halte Senen Sentral, naik aja Bus TransJakarta yang ke arah Harmoni. Nanti anda bisa turun di depan stasiun gambir langsung, Jangan lupa turunnya di Halte Gambir 1.

itulah 3 cara menurut versi saya, untuk bagaimana baiknya, tentu kembali ke prioritas dan keinginan anda.

28 komentar:

  1. keren ni ceritanya padahal ngejelasin perjalanan dari bandara ke stasiun gambir saja hoho ikutan ini om kirim ceritamu sapa tau bisa masuk artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe okay thanks infonya mas

      Hapus
    2. terima kasih infonya ya, sangat bermanfaat sekali

      Hapus
  2. sampai sekarang belum ada damri dri pasar senin ke bandara GAN?????? apa udah ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau terakhir saya ke pasar senen waktu arus balik lebaran tahun ini sih belum ada gan :)

      Hapus
  3. perjalanan dr bandara ke senen hri minggu waktu tempuhnya brp lama yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung trafficnya. Kalau malam diatas pukul 22.00 paling nggak sampai sejam kalau naik taksi.

      Hapus
  4. Um kalau dari pasar senen ke bandara soekarno kemungkinan berapa tarifnya jika menggunakan taksi?
    O iya um, rekomendasiin dong taksi dgn harga tarif bawah! Makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja mungkin, cuma mungkin sudah naik terkait bensin yg udah naik juga.
      wah kalo taksi tarif bawah biasanya saya lihat tulisan itu di belakang mobil taksinya, nggak merhatikan nama taksinya hehe :)

      Hapus
  5. mas, kalo dari stasiun gambir ke pasar senen tu berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngojek saya nggak pernah, cuma kalo naik transJakarta ya cuma Rp 3500 :D

      Hapus
    2. kalo naek angkot berapa lama ya?

      Hapus
  6. kalau rombongan 50 orang mau nyew bis ke stasiun pasar senen ada gak gan

    BalasHapus
  7. klo ngojek..pengalamn wkt single 15-20 rb...trgantung nego..
    nnt sy cb trans aj...soalny udh ad istri..

    BalasHapus
  8. tidak disarankan naik busway ke stasiun senen. Jaraknya lumayan jauh apalagi sambil bawa koper berat.

    BalasHapus
  9. Kalau desember 2015 ongkos taksi dr stasiun senen ke bandara berapa ongkosnya ya

    BalasHapus
  10. mas kira2 estimasi waktu dari pasar senen ke sukarno hatta berapa jam ya mas? soalnya mau pesen tiket pesawatnya mas, nanti kalo mendadak kan mahal :D
    mohon bantuannya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di google map aja mas, ada estimasi waktu nya kox... yg penting jgn jam sibuk aja, bisa jadi batu di mobil.

      Hapus
    2. Cek di google map aja mas, ada estimasi waktu nya kox... yg penting jgn jam sibuk aja, bisa jadi batu di mobil.

      Hapus
  11. Kalau jam macet bisa sampai 150rb...
    Saran aja yg traveling sendiri lewat jakarta mending gunakan angkutan umum, lebih murah dan efesien...
    Kecuali rombongan enak naik taksi dan lebih murah..
    Kemarin ane dari Rumah di Kebon sirih(deket Monas) ke cengkareng jemput temen taksi total 170ribuan... sedang kan pasar senen masih jauh lagi... hehe

    BalasHapus
  12. kalo sampe pasar senen jam 1 dini hari terus mau ke bandara soetta enaknya naik apa ya gan?? saya kan cewek

    BalasHapus
  13. Kalo sampe satsiun pasar senen sktar jam 10 pagi terus mau ke bandara soetta enakny naik pa ya gan ? Dan kira kira tarif.a brpa ?

    BalasHapus

don't forget to leave a comment