Senin, 02 Juni 2014

Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu ( Wisdom Teeth)


goodbye wisdom tooth. you lose.

Sedikit menjauhi dunia traveling, saya ingin membagikan cerita terkait dengan operasi gigi geraham bungsu yang saya jalani pada bulan desember tahun 2012 yang lalu. basi sih, tapi kok rasanya pengen menceritakan pengalaman yang satu ini (karena geraham bungsu yang kanan bawah sudah teriak-teriak tumbuh dan protes minta ruangan). Mendebarkan juga sih, karena tidak pernah ke dokter gigi sebelumnya, sekalinya ke dokter gigi, pake acara operasi segala.

Dari awal saya hidup, hingga akhir tahun 2012 yang lalu, saya tidak pernah ke dokter gigi sama sekali. Ya, sama sekali tidak pernah. Dari TK, SD, SMP, hingga SMA, saya tidak pernah ke dokter gigi walaupun cuma untuk periksa atau kontrol rutin. Alasannya simpel, saya tidak pernah mengalami masalah dengan gigi pada masa-masa tersebut.
Paling mentok pun untuk cabut gigi, saya menunggu agar gigi tersebut goyang terlebih dahulu dan kemudian saya cabut sendiri dengan tangan. hiiiii! Yang lebih bar-bar, dulu jika gigi susu saya sudah mulai goyang, maka akan saya selipi benang dan saya cabut dengan spontan. Sakit memang, tapi rasa-rasanya dulu kok bisa mengatasinya sendiri. 

Pengalaman terparah untuk mencabut gigi saat masih kecil hingga remaja adalah saat gigi sudah mulai goyang, maka saya akan makan makanan yang cukup keras kemudian pura-pura bodoh alias tidak ingat kalo gigi itu goyang, kemudian saya makan dengan biasa maka putus lah gigi saya dari gusi. Mengingat cara-cara saya mencabut gigi sendiri saat itu, saya sendiri sampai ngeri. Untunglah tidak pernah terjadi infeksi atau hal-hal buruk lain karena "cabut gigi mandiri" yang tidak higienis ini.

Tibalah saat saya kuliah di Yogyakarta pada tahun 2010. Tinggal jauh dari orang tua dan jadi anak kos, maklum saja jika semua kebiasaan mulai berubah. Termasuk dalam hal makanan dan minuman. Dulu kan waktu masih sama orang tua enak, makan di rumah dan kalo tidak mandi akan di omeli (ga nyambung sih :p). Apalagi perbedaan jam belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Di SMA, jam belajar mutlak dimulai jam 07.00 pagi dan diakhiri tergantung apakah ada pelajaran tambahan atau tidak dari sekolah. Nah di Kampus ini yang saya suka, mahasiswa sendiri yang mengatur jadwalnya kuliah atau dikenal dengan nama penyusunan KRS (kartu rencana studi). Jam paling pagi yang saya pilih kalau tidak jam 09.00 ya jam 11.00. Lumayan juga jadi bisa begadang jika ada tugas dan tidak perlu pakai acara terlambat ke kampus. 

Suatu saat, waktu semester pertama kuliah, kepala saya tiba-tiba pusing sebelahnya saja (migrain). Selain itu untuk mengunyah makanan saya sampai tidak kuat karena gusi saya bengkak sekali sehingga saat gusi saya lagi bengkak, saya cuma beli bubur dan langsung menelannya. Saya yang heran dengan gusi bawah saya langsung ke kaca untuk melihat apa yang terjadi dengan gusi saya. Saat melebarkan mulut ke kaca, terlihat di gusi ada gugusan berwarna putih yang tidak terlalu jelas apa bentuknya dan saat kawah putih tersebut saya sentuh maka rasanya agak perih. Selain itu pula, bengkakan berwarna putih tersebut saat saya pegang dan membaui maka baunya sangat tidak sedap seperti bau busuk. Pada saat itu saya berkesimpulan bahwa gigi saya bolong dan kurang terhadap kebersihan gigi dan mulut. Sejak saat itu, saya menggosok gigi saya terus tiap mandi dan sebelum tidur dan fokus menggosoki bagian yang bengkak tersebut. Seminggu menderita cuma bisa menelan makanan, rasa sakit tersebut tiba-tiba hilang dan tak berbekas lagi.

Memasuki akhir semester kelima perkuliahan, gejala yang sama terjadi lagi. Sakit kepala kali ini lebih luar biasa sakit. Sekitaran tiga hari, saat akan mengunyah dan berjalan, maka kepala saya sakit. Gusi yang bengkak itupun kembali lagi saya alami. Saya mengalami lagi hanya menelan makanan untuk beberapa hari. Suatu saat saya menceritakan problem saya kepada teman saya yang kuliah di fakultas kedokteran gigi. Saat itu dia mengatakan bahwa gigi saya impaksi alias impacted. Gigi geraham ketiga saya tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh karena ruangan di rahang saya sudah sempit sehingga saat gigi graham tersebut berusaha berontak untuk "bererupsi", maka ia akan mendesak sehingga akan merasakan sakit kepala dan bengkak. Teman saya bilang jika nanti saat dironsen posisi gigi nabrak dan tidak tumbuh keatas dan normal, maka gusi akan di sayat dan dicabut gigi graham bungsu yang tumbuh abnormal tersebut. Hiiiiii!

Karena makin tidak betah dengan sakit yang diakibatkan gusi saya ini, maka saya akhirnya memutuskan ke dokter gigi untuk pertama kalinya. Saya menuju Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta untuk periksa gigi di klinik giginya. Dokter yang memeriksa saat itu mengatakan bahwa kemungkinan besar memang terjadi impaksi gigi, akan tetapi untuk memastikannya maka harus panoramik ronsen terlebih dahulu untuk melihat posisi gigi graham tersebut. Setelah diberi rujukan ke radiologi untuk ronsen, maka keluarlah hasilnya. Gigi graham ketiga saya bagian bawah untuk sektor kiri dan kanan tumbuh miring dan menabrak gigi sebelahnya. Dokternya saat itu merujuk saya ke Spesialis Bedah Mulut karena ini adalah bagian dari dokter gigi spesialis bedah mulut. 

Setelah membuat janji dengan dokter gigi spesialis bedah mulut, saya datang lagi ke klinik gigi pada jam yang telah ditentukan. Setelah mengantre beberapa saat, tibalah nama saya dipanggil. Saat melihat hasil ronsen dan memeriksa gigi saya, maka dokter mengatakan bahwa graham bungsu yang tumbuhnya tidak normal ke atas ini harus dioperasi. Dueeer. Kata-kata operasi bikin saya senewen karena jujur tidak pernah mengalaminya. Setelah berdiskusi dengan sang dokter, maka saya mengiyakan untuk dioperasi untuk bagian bawah kiri terlebih dahulu, maksudnya sih supaya bisa makan pakai gigi sebelahnya. Setelah bikin appointment untuk jadwal operasi, maka dokter memberi saya obat penghilang rasa sakit dan anti bengkak.

Hari itu pun tiba, 4 Desember 2012. Sekitar jam setengah 8 malam saya sudah tiba di rumah sakit dan naik ke bagian pemeriksaan gigi. Untuk bius, saya diberi bius lokal saja. Sebelum dibius, disuruh kumur-kumur dulu oleh dokternya. Jarum suntik pun sudah mengarah ke mulur saya. Tipis sekali, saya kira akan sakit sekali, eh malah ga kerasa sama sekali tuh. Setelah mati rasa, mulailah si dokter mengotak-atik gigi M3 sebelah kiri saya yang terbenam. Yang terasa menurut saya saat gusi mulai disayat. Seeeet, sepertinya darah yang keluar banyak sekali sampai-sampai sang suster sering memasukkan alat seperti penghisap cairan.

Karena giginya terlampau besar, gigi geraham bungsu saya pun di bor. Seringnya liat bor buat bikin lubang, akhirnya ngerasain juga gimana rasanya ada bor masuk mulut. Sakit? Enggak sih, cuma agak ngilu saja seperti jika makan es batu. Setelah di bor, gigi akhirnya bisa dicabut dengan mudah. Gusi saya pun mulai dijahit untuk menutup bekas operasi. Setelah selesai, dokter memberi resep dan petuah-petuah do's and don'ts seperti makan pakai gigi sebelah yang tidak dioperasi, kemudian makan yang lunak-lunak serta jangan banyak kegiatan fisik untuk recovery.

Ke kasir, ambil obat, akhirnya tiba juga di kosan. Saat-saat menyakitkan untuk operasi geraham bungsu bukan pada operasinya, tetapi PASCA operasi. 3 jam setelah operasi, bius sepertinya mulai habis sehingga pipi mulai ngilu dan membengkak. Dokter mengatakan untuk dikompres dengan es batu supaya tidak menjadi-jadi bengkaknya. Selanjutnya 3 hari setelahnya saya sih sudah bisa makan Mie Goreng karena nekat saking laparnya. Padahal 3 hari pertama saya masih makan dengan Oat campur pisang.

Seminggu kemudian saya kontrol ke dokter untuk cabut jahitan. Cuma 3 menit proses sudah selesai. Selesai juga seminggu makan tidak nyaman. Masih ada gigi graham bungsu bawah sebelah kanan yang menunggu dioperasi....
 


79 komentar:

  1. Ngeriiiii ...... Aduhh piye iki kalo aq mau cabut graham pasti nakutin .
    Mksh dah ngeshare . jd lebih pede mau nyabut nih graham .

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa2 mbak, kan dibius lokal. ga sakit kok :)

      Hapus
  2. Aduh...sama dong saya bru hbs cabut geraham bungsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe gigi kanan saya juga otw mau dicabut bli :)

      Hapus
  3. Untuk biaya oprasi gigi graham bungsu sampai berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mas, mau ke Dokter Bedah Mulut atau ke Resident. Harganya beda.

      Hapus
    2. kalau biaya cabut jahitan habis berapa mas...??

      Hapus
  4. Ini saya jg dapat rujukan utk operasi gigi geraham miring. Berusaha mengalihkan pikiran sebelum dipanggil. Eh mas, saya mau tanya. Selesai operasi apa bisa sampai pendarahan banyak gt ga? Gmn caranya supaya ga pendarahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo masalah pendarahan lupa mbak. Tapi biasanya efek habis operasi itu bengkak, sehingga pas saya habis operasi disarankan dokter buat kompres pipi pake es batu. hehe

      Hapus
    2. baru sabtu kmrn saya operasi, langsung disuruh gigit tampon (kapas padat) selama sejam full digigit kenceng, kalo pas lepas kapas masih pendarahan lakukan ulang gigit kapas padatnya.

      salam.

      Hapus
  5. Kayaknya gigi belakang saya juga numbuh, sakit banget rasanya. Kalau abis di operasi , bekas operasi ya sakit ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kering, nggak sakit sama sekali kok mbak. udah lancar jaya buat makan apapun.

      Hapus
    2. aslm mlkm mas,,,,numpang nanya nih mas...

      Hapus
    3. saya sudah menanggung gigi bungsu yg tumbuh tidak normal....
      awal mulanya dari taun 2010...cuman si saat itu saya tidak mengetahui apa yg terjadi hingga saat ini,,,sekarang kulit pipiku agak masuk kedalam ,,,,gimana ya mas...

      Hapus
  6. Biaya oprasi bedah mulutnya berapa mas..? Sama dokter saya di sarankan untuk operasi kecil karena graham bungsu udah bolong. Apa biayanya sampe jutaan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai jutaan mbak zie, beda tempat beda harga, ada yg 1 gigi 2jt, ada jg yg 1 gigi 4jt, tergantung RS atau klinik.
      kmrn saya habis hampir 3jt untuk cabut 2 gigi (kiri bawah dan kiri atas).

      Hapus
    2. tergantung ya mbak, bisa ditanyakan aja ke rumah sakit terdekat. Kalau pengen tarifnya agak miring, coba ke resident.

      Hapus
  7. Haduch aq deg degan nich mau x-ray. Takut hasily klao suruh operasi... soaly kmren cuma suntik gusi aja n kmgknan dsrankan utk operasi

    BalasHapus
  8. klo cabut gigi biasa (tanpa oprerasi) gak sakit. Pengalaman ane.

    Yang saya tanyakan, kira2 klo operasi gigi graham bawah yang paling belakang klo di operasi pembedahan untuk cabut gigi sakit gak brooo. Aq di vonis operasi tpi harus di foto dulu untuk melihat hasilnya dulu.
    Kira2 sakit gak bro pas operasi sama pasca setelah opersi, terus biaya semuanya habis berapa.....???

    min, jawab pertanyaanku min.
    aq butuh semangat nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus di foto rontgen dulu bro buat lihat posisi giginya. Kalo pas operasinya jalan sih nggak sakit, biasa aja karena dikasih bius dulu. Biaya sih tergantung ya, karena saya operasi 2 tahun lalu, mungkin tarifnya udah ga relevan.

      Hapus
  9. Sharingg dooong,
    Waktu abis operasi, kalo nelen makanan sakit ga??
    Bisa makan normal gapake ngerasa sakit setelah berapa lama?

    BalasHapus
  10. Sharingg dooong,
    Waktu abis operasi, kalo nelen makanan sakit ga??
    Bisa makan normal gapake ngerasa sakit setelah berapa lama?

    BalasHapus
  11. Sharingg dooong,
    Waktu abis operasi, kalo nelen makanan sakit ga??
    Bisa makan normal gapake ngerasa sakit setelah berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nelen sih nggak ada problem. Dulu saya semalam udah bisa makan normal mbak,

      Hapus
    2. cabut gigi ma operasi sama gk bro?? soalnya q hg dsuruh operasi kecil,,tp gk berani,pilih cabut biasa aja,,,sama gk z brooo???
      mksh

      Hapus
    3. Saya habis dioperasi 1jam setelah nahan pake kapas dingin,mulai kerasa nyilu2 trus min obat,mpe 1mggu ini mau makan aja mau masukin makanan rada susah,kalau mangap sakit,jd makan bubur.tp y habis dibedah ga sakit tp gigi2 sampingnya kerasa nyilu bget,bibir bawah saya aja masih kerasa tebel mpe skrg,kalo saya gigit ga sakit,tp y ga kuat malah nyilu digigi depan bawah.bsok saya jatah kontrol sama dokter saya.

      Hapus
    4. Oh iya kmrin pengalaman saya sblmya periksa didokter gigi deket rumah mertua saya,diyogya.trus dokter menyarankan untuk dironsen.setelah hasil ronsen,dokternya ga brani,blgnya harus kespesialis ,akhirnya saya tanya tmn2 akhirnya saya kedokter gigi y dimagelang.setelah diliat hasil ronsen dokter blg ini harus dibedah karna tumbuhnya miring,juga dinding pipi dlm itu jg uda kayak daging tumbuh nutupin giginya.trus dokter blg ,bedah gigi biayanya 2jta.ditas cuman bawa 1juta,akhirnya izin bntar ma dokternya jng plg dlu,saya mau keatm.akhirnya bedah gigi dimulai,setelah dikasih suntikan bius.cepet sich,mpe dokter blg giginya mau dibawa plg ga,saya blg ga mau,suami saya blg knapa ga dibawa pulang,trus dipigura ditulisin gigi termahal heheheh

      Hapus
    5. Saya habis dioperasi 1jam setelah nahan pake kapas dingin,mulai kerasa nyilu2 trus min obat,mpe 1mggu ini mau makan aja mau masukin makanan rada susah,kalau mangap sakit,jd makan bubur.tp y habis dibedah ga sakit tp gigi2 sampingnya kerasa nyilu bget,bibir bawah saya aja masih kerasa tebel mpe skrg,kalo saya gigit ga sakit,tp y ga kuat malah nyilu digigi depan bawah.bsok saya jatah kontrol sama dokter saya.

      Hapus
  12. gigi pengunyah udah habis solusinya gimana Mas Broo?

    BalasHapus
  13. Sy juga harus nih operasi geraham atas kiri... sudah kambuh 3x hehehe bandel habis takut buat operasi... klo geraham bawah gak ada masalah udh terbuka.. yg atas yg masalah kalo kambuh buka mulut pun masya Allah sakit nya... kepala smpe ke kuping krn posisi menekan ke tulang pipi & ke sinus gt kata dokter gigi sy. sudah foto juga. tinggal tindakan... doakan cepet sehat ya n kuat hahaha *ngeri.... lg cb gunakan BPJS krn lumayan biaya nya. Operasi gigi sy tnya ke dkter bedah antara 2-3juta. Wowwwww... cm 1 gigi... heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di RSGM UGM bisa lebih ringan biayanya kalau dengan residen. *pengalaman 4x operasi gigi bungsu di sana beberapa bulan lalu

      Hapus
    2. WADUH JAUH MBA.. HEHEH SY DI BOGOR... TP THANKS INFONYA... ALHMDLILAH SY SUDAH BEBAS SAKIT GIGI KRN SUDAH TINDAKAN.. DAN GRATIS HAHAHAH

      Hapus
  14. 3 jam yg lalu sy habis melakukan operasi kecil geraham bungsu sy...InsyAllah aman & lengan sy yg tadix linu..Alhamdulillah skrg udh gak linu lagi.

    BalasHapus
  15. Sharing nie.. utk rekan" yg brmsalh dg geraham bungsu segera check ke drg apalagi klo udh sampai sakit ke kpla & linu ke bagian badan lainx.Karna klo brklnjutan tkutx jdi tumor gigi.Maaf bukanx nakut"in.After operasi yg pnting obat rutin dminum..Sy masih ada 3 gigi lagi yg nantix akan dbuang.Yg pnting brpikir positif & bnyk tanya drg yg bgus dmn dtmpt tinggal anda.

    BalasHapus
  16. 3 jam yg lalu sy habis melakukan operasi kecil geraham bungsu sy...InsyAllah aman & lengan sy yg tadix linu..Alhamdulillah skrg udh gak linu lagi.

    BalasHapus
  17. 3 jam yg lalu sy habis melakukan operasi kecil geraham bungsu sy...InsyAllah aman & lengan sy yg tadix linu..Alhamdulillah skrg udh gak linu lagi.

    BalasHapus
  18. Pasca operasinya itu mas,nyerinya luar biasaaaaaa.dulu mas nyeri sampe berapa jam pasca operasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh lupa mbak :) Sepertinya cuma sejaman nyeri, pas udah dikompres pake es batu jadi lumayan :)

      Hapus
    2. sY SUDAH BERES... KRN GIGINYA SUDAH KELUAR ALIAS NONGOL HEHEEH JD GAK PERLU OPERASI.. TINDKAN SEPERTI CABUT GIGI... SETAU SY DIKASIH PAINT KILLER NYA MBA... SY CM PAKAI 3HR.. KRN TAKUT AJA.. PDHAL 1HARI JUGA UDH GAK MASALAH... KRN NYOBA MKN PAS 1HR SETELAH OPERASI.. KLO SAKIT GAK DEH KY NYA...

      Hapus
  19. tenang aja kalau oprasi gigi geraham kemarin hari rabu malam saya baru oprasi gigi geraham di UMM medical center...biayanya hanya 1.2 jta 1 gigi..dan yang nangani drg.prasetya adi.Ms, dan gak ada efek apa2 ko...ini belumvada seharian aku udah bisa makan nasi dan mulutnua biasa saja dan gak ada pembengkakan...dan 3 hari lagi suruh cabut jahitan...tetapi hal iti terjadi kalau kita nurutin printah dokternya 1 jam pasca opraai jgn makan dan minum dulu...

    BalasHapus
  20. Pada saat mau dibius lokal itu terasa tidak rasa jarum suntik yg nusuknya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya dulu nggak terasa sama sekali sih mas. Malah ga sadar kalo udah disuntik.

      Hapus
  21. Kalo kata dokterku, geraham bungsu yg 'impaksi' sebaiknya memang perlu dicabut dgn jalan operasi kecil. Pengalaman sy yg br saja hr ini melalui proses itu, rasanya tdk menakutkan sperti kata orang. Yg paling terasa paling saat prosesnya, kita agak susah bernapas klo air ludah kita sudah sampai ke ujung leher dan bunyi mesin bor gigi yg agak bising.

    Pasca operasi pasti memang bengkak, tp alhamdulilah sy tdk parah bengkaknya. 2 hari sebelumnya pra operasi sy sempat diberi obat dulu memang agar tdk terlalu bengkak nanti stelah operasi.

    Skrg yg agak ribet, hari pertama penyesuain tuk makan. Takutnya ada yg nyelip..bisa infeksi.. (aahh jangan sampai).

    Sy ada 3 gigi yg harus dicabut, smentara br 1. 3 minggu lagi 2 atas-bawah yg kanan menyusul..hehehe


    #nb :
    Sy melakukan operasi hanya karena hasil panoramic M3 sy miring. Padahal sy tdk dalam kondisi sakit. Tapi krn saran dokter, demi kesehatan dan demi menghindari 'bom waktu' nya meledak...hehehe..ya akhirnya sy cabut.

    Just sharing pengalaman aja yaa..semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  22. Aduh minta ampun deh. Saya trauma kalau cabut gigi bungsu lagi soalnya prosesnya ngeri dan menyakitkan banget berbeda kalau cabut gigi yang lain. Itu kan harus di foto di radiologi dulu. Trus nanti masuk ruang operasi. Liat lampu lampu gede sm alat alat medis gitu pokoknya ngeri banget. Disuruh baring trus seluruh bagian tubuh ditutupi kain jadi yang keliatan cuma area mulut aja. Mirip kaya orang mau operasi besar gitu. Pas disuntik terasa banget jarumnya masuk sampe ke dalam kaya kena tulang rahang. Habis itu semua biasa aja udah ngk berasa apa apa lagi, pas giliran gigi ditarik keluar rasanya sakit banget ngk bisa dibayangin. Aku sampai nangis dan teriak waktu itu dan rasa yang menyiksa itu pun berakhir. Lubangnya tinggal dijahit dan selesai. Jadi saran saya kalau mau cabut gigi impaksi itu pake bius yang bikin tidur aja jangan bius lokal/inject. Mending mahal dikit daripada tersiksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi menurut saya ga efisien mas kalo dicabut satu gigi langsung bius total karena biayanya mahal

      Hapus
  23. Saya fonis dua gigi bungsu bawah kudu dioperasi. Tp masih takut. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dioperasi aja mbak daripada nanti sering migrain

      Hapus
  24. kemarin baru operasi 4 gigi bius total. Alhamdulillah ga sakit2, paling setelah obat bius abis baru ngilu dikit.
    Saran saya cari beberapa opini dokter.
    Tadinya sy juga cm mau cabut 1 pakai bius lokal, tapi dokternya ga saranin karena posisi giginya dalam dekat saraf, kalau bius lokal pasti masih kerasa sakit biusnya ga mempan.
    Kalau memang wajib bius total ya terima aja daripada sakit pakai bius lokal.

    BalasHapus
  25. kemarin baru operasi 4 gigi bius total. Alhamdulillah ga sakit2, paling setelah obat bius abis baru ngilu dikit.
    Saran saya cari beberapa opini dokter.
    Tadinya sy juga cm mau cabut 1 pakai bius lokal, tapi dokternya ga saranin karena posisi giginya dalam dekat saraf, kalau bius lokal pasti masih kerasa sakit biusnya ga mempan.
    Kalau memang wajib bius total ya terima aja daripada sakit pakai bius lokal.

    BalasHapus
  26. Mau tanya dong.tgl 1 kemarin aku juga oprasi impaksi.tapi bius di lidahnya kok blm hilang smpe skrg ya.udh 3 hari.lidahku masih mati rasa

    BalasHapus
  27. Wahhh banyak juga ya yang udah operasi gigi bungsu.semalam saya juga habis operasi gigi bungsu kanan bawah,ga nyampe setengah jam tindakannya.sakitnya pas disuntik bius lokal nya aja.kalo abis operasi ada pusing sama ngilu dikit tp lgsg dikasih obat sama dokternya.untuk biaya saya cuma bayar 1jt an udah sama obat di klinik daerah bandung. Biusnya ga nyampe berjam jam udah ilang ko. Coba mba thalia cek ke dokter.

    BalasHapus
  28. Hari senin lalu aku juga baru operasu gigi bungsu, pas dibius iya bener berasa banget jarumnya masuk dan ngeluarjm cairan bius. Efek obat bius diaku itu gemeter dan ditambah lagi aku takut suara bor. Ini baru hari pertama aku sakit sih engga cumanf bengkak yang merajalela dimukaku ini����

    BalasHapus
  29. kemarin senin,tgl 9 mei 2016,saya operasi gigi bungsu kanan bawah.pertama disuntik bius lokal disekitar gigi yg mau dicabut, agak kerasa pahit2 gitu.trus habis itu dikasih obat penahan rasa sakit,biar nanti hbs operasi ga trlalu sakit daerah sekitar gigi yg mau diambil giginya..hbs itu nunggu sekitr 20 menit buat nunggu biusnya bekerja,pipi kanan,area lidah kanan sama bibir kanan uda bebal jd mati rasa..hbs itu dokternya mulai beraksi :(..pake apa itu ak ga tau namanya alat2 buat nyongkel,ngebor.sbnrnya ga krasa.tp kita masih bisa merasakan gusi daerah gigi yg mau diambil diobrak abrik sama dokter giginya..akhirnya berhasil diambil giginya.
    hbs tu mulailah si dokter menjahit gusi sekitar gigi yg barusan diobrak abrik sama si dokter.benang dimasukkan,ah si dokter kyk jahit pakaian..trnyta ada 3 jahitan.selesai.hbs itu disuruh gigit kasa.si dokter kasi wejangan2 sama kasih resep obatnya.obatnya :penahan rasa sakit,antibiotik,obat bila di bibir rasa getir2 sama obat radang..ini ak uda hari kedua dr operasi dan masih bengkak pipi kananku..gitu pengalaman ku

    BalasHapus
  30. kemarin senin,tgl 9 mei 2016,saya operasi gigi bungsu kanan bawah.pertama disuntik bius lokal disekitar gigi yg mau dicabut, agak kerasa pahit2 gitu.trus habis itu dikasih obat penahan rasa sakit,biar nanti hbs operasi ga trlalu sakit daerah sekitar gigi yg mau diambil giginya..hbs itu nunggu sekitr 20 menit buat nunggu biusnya bekerja,pipi kanan,area lidah kanan sama bibir kanan uda bebal jd mati rasa..hbs itu dokternya mulai beraksi :(..pake apa itu ak ga tau namanya alat2 buat nyongkel,ngebor.sbnrnya ga krasa.tp kita masih bisa merasakan gusi daerah gigi yg mau diambil diobrak abrik sama dokter giginya..akhirnya berhasil diambil giginya.
    hbs tu mulailah si dokter menjahit gusi sekitar gigi yg barusan diobrak abrik sama si dokter.benang dimasukkan,ah si dokter kyk jahit pakaian..trnyta ada 3 jahitan.selesai.hbs itu disuruh gigit kasa.si dokter kasi wejangan2 sama kasih resep obatnya.obatnya :penahan rasa sakit,antibiotik,obat bila di bibir rasa getir2 sama obat radang..ini ak uda hari kedua dr operasi dan masih bengkak pipi kananku..gitu pengalaman ku

    BalasHapus
  31. Kayaknya gigi ku lgi numbuh, ak penasaran aj, yg gigi bagian kanan udh numbuh sempurna tnpa rasa sakit, knp yg kiri ini maknyus bgt y, tp ttp kutahan, lom ke dokter, ngilu2 dikit doang

    BalasHapus
  32. Saya stress me cabut Gigi bungsu yg Ada beberapa jam sblm operasi asma says kambuh nebu dlu d rs 3 jam and abused operasi sesak napas lagi Sehari it nebulous ampe 4 Kali padahal operasinya gak sakit cma takutnya yg ampun ...

    BalasHapus
  33. Saya stress me cabut Gigi bungsu yg Ada beberapa jam sblm operasi asma says kambuh nebu dlu d rs 3 jam and abused operasi sesak napas lagi Sehari it nebulous ampe 4 Kali padahal operasinya gak sakit cma takutnya yg ampun ...

    BalasHapus
  34. Beberapa bulan lalu saya habis operasi kecil gigi bungsu kiri bawah. Sekarang gigi bungsu kiri atas harus dipoerasi kecil lg. Tp operasi kecil sy wktu itu tidak ada pembedahan dan dijahit. Tp buat oprasi kecil yg gigi bungsu kiri atas saya agak takut, kira2 bahaya gak ya ke saraf mata atau yg laennya?

    BalasHapus
  35. Selasa saya operasi gigi bungsu memang si GA sakit tapi bius nya habis berasa ngilu. Buat nelen kaya agak sakit dan rasanya buat mangap aja susah, yg ada gue makan bubur bayi sehat -_-

    BalasHapus
  36. aduuuhh saya stress mw dioperasi nih..
    baca baca pengalaman orang lain mengenai operasi gigi impakasi dan melihat rekaman operasi nya jadi ngeriiii

    BalasHapus
  37. Bang bisa di bius tidur aja ga pas operasi? Takut banget sama dokter gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan konsul sama dokternya aja mas, kalo cuma satu gigi mending bius lokal deh biar cepet. hehe

      Hapus
  38. Hi mas2 mba2.. Aku juga mau share nih, aku bru kmren aja operasi kecil gigi bungsu. Sebenerny yg bermasalah hanya gigi bunsunya yg tumbuh miring sehingga menabrak gigi geraham sampingnya (karna tidak ada ruangan/rahangnya kecil)

    Kalo yg saya baca berdasarkan pengalaman2 diatas memang berbeda2.. Ada yg merasa sakit ada yg tidak. Mungkin tergantung biusnya kali ya... Dan efek dr pasca operasi kecilnya pun berbeda2

    Pengalaman saya pribadi saya hanya dibius lokal. Dan itu semua terasa bebal smpai diujung atas tenggorokan, setengah lidah bgian operasi, dan daerah gusi yg akan dcabut. Ketika disuntik bius sih biasa aja.. Cma ketika pengeboran itu terasa linu sekali. Sampai2 saya sering berontak krn ngilu dan dokter suruh tahan2. Dan ditambahkan lg biusnya. Mngkin berbeda dgn yang lain, saya merasakan sakit sekali. Karena dokter bilang ternyata gigi bungsu ny tumbuh dekat otot. Saya dicabut kiri bawah dan kiri atas. Ktnya sih kiri atas jg harus dicabut wlpun tidak bermasalah krn supaya nnti kdepany tdk menggangu gusi bawah (beradu) pd saat sembuh utk mengunyah.

    Pasca operasi saya disuruh mengigit kasa kira2 saya masih gigit selama beberapa jam, krn masih mengalami pendarahan pada gusi. Ga enak banget... Mangap ga bsa, tenggorokan sakit nelen ludah, ngomong susah, aplgi stelah biusnya sudah mulai hilang. Hikshiks

    Saya mjlankan operasi kmrin sore, malam setelah operasi hnya nyeri aja. Cuma bdan tiba2 berasa lemas. Mngkin krn kondisi fisik saya yg kurang tahan banting.. Pagi harinya saya demam smpai 38.3 derajat, badan lemas, panas dingin menggigil, smpai susah bngun dr tempat tdur. Rasanya sudah berpikiran yg aneh2 saja.. T_T

    Tp setelah beberpa jam saya mnum obat, demam saya turun 37.6 derajat dan mulai membaik.
    Mngkin hal ini dikarenakan saya menunda2 proses operasi, krn saya sdh merasakany dr bulan juni awal dn bru operasi agustus ini. Dan beberapa hri sebelum operasi gusi saya sudah agak bngkak dan merasakan sakit gigi sekali. Makanya buat temen2 yang ingin menjalankan operasi kecil langsung konsultasikan pd dokter specialis bedah mulut, jgn ditunda2, semkin lama mngkin semakin tidak enak dirasakan dan kita tidak tahu bgmana efeknya.

    Dan sampai hri ini, hri kedua pasca saya operasi pipi dan gusi msh bengkak sekali. Hrus rajin dikompres kt dokter, dan bru hari kedua ini saya bisa mengunyah pelan2. Karna sblum2 ny hnya mkn bubur saja. Hiks

    Semoga bermanfaat ya... Semngat yg mau mnjalankn operasi kecilnya, dan ingat jgn ditunda2. Ikuti arahan dokter :)


    BalasHapus
  39. Mas Andre gigi kanan nya sdh di operasi lg?? Sy baru kemarin operasi geraham kiri bawah, kata dokter yg kanan harus dicabut jg.. tp geraham kanan sy gak bermasalah dan tumbuhnya jg lurus. Gak kebayang deh klo harus operasi lg.. hikss sakitnyaaaa

    BalasHapus
  40. Mas Andre gigi kanan nya sdh di operasi lg?? Sy baru kemarin operasi geraham kiri bawah, kata dokter yg kanan harus dicabut jg.. tp geraham kanan sy gak bermasalah dan tumbuhnya jg lurus. Gak kebayang deh klo harus operasi lg.. hikss sakitnyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom mbak, masih belom berani. sampe kalo kumat saya sering migrain dan sakit tenggorokan. hehe

      Hapus
  41. Kmrn saya rontgen gigi panoramic ternyata gigi bungsu tumbuhnya tidur, mau keluar gak ada celah. Sakit nya luar biasa sampe ke kepala, kdg kepala ky teng mau jatuh. Susah dijelaskan. Mau operasi, tp gigi msh sakit. Yg hrs di op kanan kiri bagian bawah. Klo yg atas msh bisa di cabut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih sakit setahu saya belum bisa dioperasi mbak

      Hapus
  42. Hahaha aku baru ajah operasi kedua gigi bungsu ku yang kanan, baca2 blog ini cobain dikompres pake es beneran gak bengkak loh haha,
    Btw aku operasi minornya di Lakesgilut TNI AU Halim ato RSGM Halim pake BPJS yg gratis, gara2 shock lihat harga di RS swasta langganan yg sampe 20 jutaan utk 2 gigi dan cuma buat operasi doang hiks,
    Bela2in deh ngurusin BPJS n nunggu waktu operasi hahaha,
    Btw buat yg punya wisdom teeth (aplg yg posisinya extreme horizontal kya aku) mending buru2 dicabut drpd ngeganggu aktivitas dan malah jd lebih buruk lg,
    Btw aku udh disuruh rontgen dr th 2008 tp rontgennya bru awal th 2016, dan giginya udh gede sempurna gtu :( yg pastinya makin susah dioperasi
    Bener tuh coba tanya dikampus yg ada RSGM nya biar rada murah :d
    Percaya deh mending sakit seminggu drpd dikit2 migrain gara2 nih gigi.

    BalasHapus
  43. Hahaha aku baru ajah operasi kedua gigi bungsu ku yang kanan, baca2 blog ini cobain dikompres pake es beneran gak bengkak loh haha,
    Btw aku operasi minornya di Lakesgilut TNI AU Halim ato RSGM Halim pake BPJS yg gratis, gara2 shock lihat harga di RS swasta langganan yg sampe 20 jutaan utk 2 gigi dan cuma buat operasi doang hiks,
    Bela2in deh ngurusin BPJS n nunggu waktu operasi hahaha,
    Btw buat yg punya wisdom teeth (aplg yg posisinya extreme horizontal kya aku) mending buru2 dicabut drpd ngeganggu aktivitas dan malah jd lebih buruk lg,
    Btw aku udh disuruh rontgen dr th 2008 tp rontgennya bru awal th 2016, dan giginya udh gede sempurna gtu :( yg pastinya makin susah dioperasi
    Bener tuh coba tanya dikampus yg ada RSGM nya biar rada murah :d
    Percaya deh mending sakit seminggu drpd dikit2 migrain gara2 nih gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, di RSGM kampus biasanya lebih murah mbak, mau yang nanganin resident atau dokter bedah mulut juga bisa milih. Thank you sharingnya mbak!

      Hapus
  44. Baru aja aku operasi kmren gigi bungsu yang miring dan nungging heheh, pas operasi si ga kerasa apa2 malah ngantuk sama capek nganga. Klo aku gapake dijahit jadi sumpel kapas dan sering2 ganti kapas deh, 3 jam pertama pasca bius hilang itu rasanya warbyasah😂😂 . tapi klo habis minum obat beres deh ga kerasa apa2. Syukurnya smpe pagi ini ga terlalu extreme. Iseng2 deh ganti kapas sm mau lihat bekas operasinya. Lubangnya itu loh kaya sumur bikin ngeri. Tapi dripada sakit kepala sm nyilu makan apa2 mending eksekusi aja deh . semangat ya yg mau operasi. Btw makasih artikel ini sangat membantu heheh

    BalasHapus
  45. Barusan td malam abis ops gigi impaksi sbelah kiri bawah,, alhmdulillah hanya 1jt ongkos na...dan sampe skrg masih bjuang ngelawan rasa ngilu pasca ops,,walopun masih bisa dtahan,,tp yg paling ga enak stiap nelen ludah ato makanan, krasa ngilu d tggorokan...buat teman2 yg mau ops gigi impaksi, segera dilakukan dan patuh sama dokter na,,krna lbih baik sakit cuma bberapa hari aja (pasca ops) drpd sakit yg kambuh terus2an...

    BalasHapus
  46. Tanggal 16 Desember 2016 lalu saya operasi gigi geraham bungsu yang impaksi (tumbuh miring sekitar 45 derajat). Satu gigi saja yang dicabut, yaitu gigi geraham bungsu bawah sebelah kiri.

    Pasca operasi saya tidak mengalami rasa sakit yang berarti (bahkan obat anti sakit nya cuma kepakai di hari pertama!). Rahang juga bisa dibuka tutup seperti biasa, hanya untuk sementara disarankan makan makanan yang lunak (nasi dengan kuah, dsb). Saya mengikuti anjuran itu sampai hari ini (hari keenam setelah operasi, tanggal 22 Desember 2016).
    Dan syukurlah tidak ada infeksi atau pendarahan. Pendarahan sebenarnya sudah berhenti sejak hari pertama setelah operasi sih
    Agar penyembuhan pasca operasi dapat lebih cepat, saran saya sih makanlah makanan yang bergizi dan banyak protein (telur misalnya), lalu kalau saya minum jus apel dan jus jeruk (yang dari buah asli ya).
    Lalu luka operasi jangan dipegang pegang atau diganggu, biarkan saja. Jangan juga berkumur keras-keras atau membuang ludah keras-keras setidaknya sampai kontrol lagi ke dokter (biasa seminggu setelahnya, pas mau cabut jahitan).
    Untuk makan makanan sih tidak ada larangan, saya baca bahkan ada yang makan sate 3 hari setelah operasi, atau makan nasi goreng di hari ketiga, karena memang tidak dilarang (Tapi kalau gorengan atau makanan yang keras seperti kerupuk ya jangan, nanti berdarah lagi lukanya)
    Untuk tidur juga saya tidak ada masalah yang berarti (Di hari pertama sampai kedua memang sempat insomnia dan jantung berdetak, yang dikarenakan efek antibiotik. Setelah antibiotik itu dihentikan, maka keadaan berangsur normal kembali. Jadi hati-hati terhadap antibiotik yang diberikan! Tapi jangan panik, Tuhan melindungi kita). Di hari ketiga dan seterusnya saya bisa tidur nyenyak (walau kadang terbangun di tengah malam, tapi langsung tidur lagi, ga sampai insomnia lah, mungkin karena saya masih agak agak panik dan takut pasca operasi).
    Sampai hari keenam ini saya masih cenderung beristirahat saja dirumah (mumpung libur kuliah), tapi anda memang dapat beraktivitas seperti biasa (bekerja atau bersekolah) setidaknya setelah bengkak mereda (Biasa di hari ketiga atau keempat setelah operasi) agar aktivitas anda tidak terganggu. Yang tidak boleh adalah berolahraga atau kerja berat (Karena nanti luka bisa berdarah, jadi sebaiknya aktivitas seperti ini dihindari).

    Saran saya bagi yang gigi geraham bungsunya tumbuh miring dan menyebabkan keluhan (pusing, sakit di telinga, dsb) sebaiknya sih dicabut aja (Setelah di rontgen panoramic dan memang benar gigi itu miring dan menganggu). Saya sebenarnya mencabut gigi geraham bawah kiri ini sebelum muncul keluhan (jadi ga sakit sebenarnya, cuma saya cabut saja mumpung libur kuliah, hahahah). Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, thank you sharingnya by the way!

      Hapus

don't forget to leave a comment